Webinar Series2#

Webinar ini telah berlangsung pada tanggal 22 Juli 2020, tapi sayang kalau beritanya dilewatkan begitu saja. Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau memfasilitasi webinar series ini melalui aplikasi Zoom Meeting dan juga disiarkan secara langsung di akun Youtube Poltekkes Kemenkes Riau.

Dihadiri oleh 578 peserta  terdiri dari mahasiswa, alumni Jurusan Gizi dan peserta lainnya, baik dari dalam  maupun  luar Provinsi Riau. Webinar ini juga sudah ditonton sebanyak lebih dari 4000 kali di akun Youtube Poltekkes Kemenkes Riau.

Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, Husnan, SKP, MKM dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Jurusan Gizi atas topik yang dipilih pada talkshow webinar kali ini.  Narasumber pada talkshow kali ini adalah Kukuh Indra Prasena (co-founder dan CEO YEA), Yazmi Panji Nugroho (CEO Roti Bakar Panjo) dan Fitriani, SKM, MKM (Dosen Poltekkes Kemenkes Riau). Bertindak sebagai host adalah Hesty Atasasih, SP, MKM, sedangkan  moderator Roziana, SST, M.Gizi dan Irma Susan Paramita, S.Gz, MPH yang ketiganya merupakan dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau.

Webinar series#2 ini bertema “Entrepreneurship Gizi’ dengan penyampaiann materi  seputar kewirausahaan di bidang gizi.  Webinar ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan sebagai motivasi bagi mahasiswa dan lulusan yang ingin membuka usaha terutama dibidang kuliner.

Narasumber pertama  yang akrab dipanggil Mas Kukuh memaparkan materi yang berjudul “Sekarang atau Tidak Sama Sekali: Berwirausaha di Bidang Pangan dan Gizi”. Didalam materinya ia menyebutkan beberapa alasan mengapa kita harus mulai berwirausaha.

Di sisi lain, Narasumber kedua Mas Panji yang juga pernah menjadi bagian dari YEA menceritakan mengenai pengalamannya berwirausaha roti bakar yang diberi nama “Roti Bakar Panjo”. Beberapa tips yang diberikan oleh Mas Panji ialah membidik pasar potensial, meciptakan produk yang ngangenin, dan menyebarkan “virus”. (Virus disini yaitu promo kepada ibu-ibu PKK, anak-anak Hits dan selebgram)

Materi terakhir disampaikan oleh Fitriani atau yang biasa akrab dipanggil Bu Nanik memaparkan materi yang menjelaskan mengenai “Kelayakan Usaha di Bidang Gizi”. Beliau menjelaskan aspek kelayakan usaha ada 2, yaitu aspek sosial ekonomi dan budaya, dan aspek hukum. Beliau juga menyampaikan tahap yang harus dilalui untuk mendapatkan surat izin PIRT dari Dinas Kesehatan.

Para peserta seminar sangat antusias dalam mengikuti webinar kali ini, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari para peserta mulai dari yang ingin mengetahui ide usaha apa yang cocok ditengah pandemi Covid 19, bagaimana cara agar produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan produk yang telah ada di pasaran, sampai dengan produk apa saja yang harus memiliki Izin Edar P-IRT.

Diharapkan webinar ini dapat memperluas pengetahuan dan wawasan mahasiswa maupun lulusan gizi mengenai jenjang karir profesi gizi yang lebih luas lagi, sehingga kelak bermumculan  nutripreneurship yang handal di bidangnya. Aamiin…….. (Al/Fn)

KUMENTASI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *