WORKSHOP PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI RUMAH SAKIT UNTUK AHLI GIZI JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES RIAU

Pekanbaru – Pada tanggal 04 November 2021 telah dilaksanakannya kegiatan Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit Untuk Ahli Gizi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau. Penyakit infeksi masih merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia, termasuk Indonesia. Dengan berkembangnya sistem pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang perawatan pasien, sekarang perawatan tidak hanya di rumah sakit saja, melainkan juga di fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, bahkan perawatan di rumah (home care). Tindakan medis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang dimaksudkan untuk tujuan perawatan atau penyembuhan pasien, bila dilakukan tidak sesuai prosedur berpotensi untuk menularkan penyakit infeksi, baik bagi pasien (yang lain) maupun petugas kesehatan itu sendiri.

Seorang ahli gizi tentunya harus memahami dengan baik bagaimana cara pengendalian dan pencegahan infeksi khususnya pada lahan yang bersifat pelayanan. Untuk itu diperlukan adanya keterampilan dan pengetahuan yang baik tentang hal tersebut. Dalam rangka memberikan pembekalan bagi ahli gizi tentang hal tersebut, maka diselenggarakan Workshop Pengendalian dan Pencegahan Infeksi Rumah Sakit untuk Ahli Gizi.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan oleh Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau dengan narasumber dari pakar dibidang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi yaitu dr. H. Riza Oriani Nasution, Sp. A dari RSUD Arifin Ahmad Provinsi Riau dengan topik Persiapan Ahli Gizi dalam Melakukan Pelayanan Asuhan Gizi di Rumah Sakit dan dr. Riyadi, SpA(K), M. Kes dari RS Dr. Hasan Sadikin Bandung dengan topik Personal Hygiene Ahli Gizi di Masa Pandemi Terkait dengan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 04 November 2021 yang dilakukan secara daring dan difasilitasi oleh Poltekkes Kemenkes Riau. Kegiatan Workshop ini berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan kepada seluruh peserta workshop tentang pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit khusunya untuk ahli gizi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *