KUNJUNGAN DOSEN JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES RIAU KE DINAS KOPERASI DAN UKM

Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau melakukan kunjungan ke  pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota Payakumbuh dan kota Bukittinggi. Kegiatan kunjungan ini di fasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh dan kota Bukittingi. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2021. Tujuan kegiatan kunjungan ini adalah untuk melihat dan mempelajari pemanfaatan pangan lokal, mulai dari proses pembuatan dari bahan mentah hingga menjadi produk siap konsumsi dan siap dipasarkan.

Kunjungan hari pertama yang dilakukan pada tanggal 8 November 2021 di Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh. Kegiatan hari pertama dosen jurusan gizi bersama dengan Direktur Poltekkes Kemeneks Riau di sambut dengan hangat oleh Rendy Rozeno, A.Md selaku Kasubag TU UPTD promosi produk UMKM. Beliau memaparkan kegiatan-kegiatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang berada di bawah bimbingan Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.

Penyambutan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh
Serah terima plakat dari Direktur Poltekkes Kemenkes Riau ke Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh

Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan turun lapang untuk melihat secara lansung proses produksi produk pangan lokal di Payakumbuh. Rombongan dosen Jurusan Gizi diajak turun ke tempat produksi Randang Riri, Sanjai Rina, Galamai Tek Tam dan ke gerai promosi produk UMKM kota payakumbuh. Setelah tiba di lokasi, dosen Jurusan Gizi diperlihatkan tahap-tahap proses produksi hingga proses pngemasan dan penjualan. Dosen Jurusan Gizi mendapatkan banyak pengetahuan setelah melihat langsung proses pembuatan pangan lokal tersebut.

Kunjungan lansung ketempat produksi pembuatan Randang Riri
Foto bersama didepan gerai Promosi Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh
Foto bersama di depan kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh

Hari kedua tanggal 9 November 2021, dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau melakukan kunjungan ke Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi. Kunjungan dosen ini disambut baik oleh Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi. Dalam sambutannya plt Kepala dinas memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi seperti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill pengolahan produk pangan lokal untuk meningkatkat jumlah produk UMKM kota Bukittinggi. Dosen Jurusan Gizi juga diajak turun kelapangan ke lokasi produksi dan penjualan produk UMKM, seperti sanjai Ummi Aufa Hakim dan Randang Uni Via.

Sambutan dari Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi
Proses produksi saat berkunjung di UKM
Proses produksi di UKM
Kunjungan ke Randang Uni Via

Selain observasi lapang, dosen Jurusan Gizi juga mewawancarai pelaku UMKM tersebut mengenai proses poduksi. wawancara tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih detil yang tidak dapat teramati saat proses observasi lapang. Wawancara ditujukan ke pegawai dan pemilik usaha, agar mendapat informasi yang jelas dan sahih. Semoga dengan adanya kegiatan kunjungan ini dapat menambah pengetahuan dosen dan menerapkannnya untuk pemanfaatan produk pangan lokal yang ada di Riau

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *