Kuliah Umum Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau ”Penyelenggaraan Makanan di Rumah Sakit”

Telah terlaksana kuliah umum Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau dengan tema “Penyelenggaraan Makananan di Rumah Sakit”. Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2021, yang berlansung secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan kuliah umum diikuti oleh seluruh mahasiswa gizi Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau yang berjumlah 229 orang. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar mahasiswa mampu memahami bagaimana sistem penyelenggaraan makanan di rumah sakit.

Kuliah umum yang dibuka oleh MC, dilanjutkan kata sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau yang pada kegiatan ini diwakili oleh Wadir I, Bapak Alkausyari Aziz, SKM, M.Kes. Bapak Wadir I berharap agar seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan kuliah umum dengan baik, karena ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat saat pelaksanaan PKL di rumah sakit nanti.

Penyampaian Materi oleh ibu Rina Yurianti, S.Gz, MKM, RD

Adapun Narasumber pertama dalam kegiatan kuliah umum ini yaitu ibu Rina Yurianti, S.Gz, MKM, RD yang merupakan dietisien RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Beliau memiliki pengalaman kerja sebagai Dietesien dari tahun 2002 sampai dengan sekarang dan pernah juga menjabat sebagai Ka. Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Arifin Achmad Pekanbaru. Materi yang diberikan oleh ibu Rina Yurianti, S.Gz, MKM, RD adalah Alur penyelenggaraan makanan rumah sakit dan Bentuk penyelenggaraan makanan rumah sakit. Materi yang disampaikan sangat jelas dari proses perencanaan menyelenggarakan makanan di RS sampai dengan evaluasi kegiatan penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit.

Penyampaian materi oleh bapak Halim Kusnadi, S.Gz, RD

Narasumber kedua dalam kegiatan kuliah umum adalah Bapak Halim Kusnadi, S.Gz, RD yang merupakan Dietesien RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo dan juga Dosen tamu mata kuliah IPB Bogor dan FKUI-RSCM. Beliau juga sebagai dosen pembimbing MSPMI Poltekkes kemenkes Jakarta II. Materi yang disampaikan oleh bapak Halim Kusnadi, S.Gz, RD yakni mengenai Kegiatan penyelenggaraan makanan rumah sakit dan Keamanan makanan di rumah sakit (Hospital Food Safety) . Beliau memberikan juga video terkait food safety di RS dan menjelaskan secara detail apa saja yang perlu dilakukan saat melaksanakan penyelenggaraan makanan di rumah sakit nantinya oleh mahasiswa gizi terutama yang akan melaksakan PKL di RS.

Kegiatan kuliah umum berjalan dengan lancar dengan antusias peserta yang baik. Semoga kuliah umum ini dapat menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan kepada mahasiswa/ peserta Kuliah Umum tentang Tentang Penyelenggaraan Makanan di rumah sakit khususnya untuk ahli gizi.

Flyer kegiatan kuliah umum
Virtual bacground kegiatan kuliah umum
Narasumber dan peserta kegiatan kuliah umum
Peserta kegiatan kuliah umum

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *