Pesantren Kilat HIMAZI Poltekkes Kemenkes Riau: “ Dahsyatnya Malam Lailatul Qadar “

Pekanbaru – Pada tanggal 27 April 2022 telah dilaksanakan kegiatan Pesantren Kilat yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Gizi Divisi Rohis kepengurusan 2022/2023 Poltekkes Kemenkes Riau. Kegiatan Pesantren Kilat ini mengangkat tema “ Dahsyatnya Malam Lailatul Qadar ”. Tujuan dilaksanakannya Pesantren Kilat ini yaitu untuk mengetahui dahsyatnya malam lailatul qadar dan juga dapat mengetahui apa saja amalan yang dapat dilakukan pada malam lailatul qadar. Dalam kegiatan ini mengajak mahasiswa untuk lebih memahami betapa mulia dan dahsyatnya malam lailatul qadar tersebut serta dapat mengamalkan doa pada malam lailatul qadar agar mendapatkan keberkahan.

Kegiatan Pesantren Kilat ini dilaksanakan secara daring ( via zoom dan youtube) dengan mengundang seorang ustad sebagai penyampai materi yang sudah kompeten di bidang dakwah, yaitu ustad Ahmad Bahrein, S. Ag. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa muslim jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Riau.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling istimewa bagi umat muslim. Malam Lailatul Qadar dikenal sebagai malam di turunkannya kitab suci Al-Qur’an ke muka bumi. Maka dari itu, banyak umat muslim yang mendambakan mendapatkan malam istimewa ini. Malam Lailatul Qadar bahkan satu-satunya malam yang secara khusus dijelaskan dalam satu keseluruhan surat, yaitu surat Al-Qadr. Dalam surat Al-Qadr disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam lebih baik dari seribu bulan. Allah SWT berfirman : ” Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,” (QS al-Qadr ayat 4-5). Karena begitu besar keutamaannya, waktu turunnya malam lailatul qadar bahkan dirahasiakan oleh Allah di sepuluh malam terakhir agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *