Online Course Penerapan Sistem Keamanan Pangan (HACCP) pada Industri Jasaboga bagi Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau

Prodi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Riau Tahun Ajaran 2022/2023 telah mengikuti Kegiatan Workshop Pelatihan Online Course Penerapan Sistem Keamanan Pangan (HACCP) pada Industri Jasaboga (Hotel, Restoran, Katering) dan Gizi (Rumah sakit) Batch- 2 dengan metode pelaksanaan yaitu metode ceramah, diskusi, bermain peran, dan latihan kasus yang berlangsung selama 4 hari. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 01 – 04 Agustus 2022 melalui Zoom meeting, yang diselenggarakan oleh IPB Training (PT. Global Scholarship Services Indonesia). Peserta kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Tingkat 3 Prodi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Riau.

Kegiatan Online Course ini bertujuan agar peserta kegiatan, khususnya Mahasiswa Tingkat 3 Prodi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Riau dapat memahami sistem HACCP, mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip HACCP, mampu menyusun dokumen rencana HACCP melalui pendekatan proses untuk diterapkan dalam mengelola sistem keamanan pangan di hotel, restoran, catering, dan rumah sakit.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa berbagai bahaya kritis yang terjadi pada proses pengolahan hasil produk makanan, serta memperkenalkan food safety. HACCP juga akan memudahkan peserta untuk mengidentifikasi segala resiko kontaminasi dalam proses produksi dan kemudian menentukan mekanisme kontrolnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tim Instruktur, dimana sebelum memulai kegiatan telah dilaksanakan Pre-test oleh Panitia untuk menilai pengetahuan dan kemampuan peserta kegiatan. Narasumber Hari Ke-1 adalah Guru Besar Gizi dan Keamanan Pangan yaitu, Prof. Ahmad Sulaeman yang memaparkan materi pengantar manajemen keamanan dan mutu pangan, program prasyarat (PRP), bahaya pangan dan pengendaliannya, serta langkah HACCP yakni Membentuk Tim; Mendeskripsikan Produk; Mengidentifikasi Maksud Penggunaan; Menyusun Diagram Alir; dan Verifikasi Diagram Alir. Setelah itu dilanjutkan dengan materi Pendekatan Proses untuk Aplikasi HACCP pada Industri Jasa Makanan. Kegiatan online course hari pertama dapat berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Setiap peserta turut berpartisipasi dalam diskusi, sesi tanya jawab dan pengerjaan tugas.

Penyampaian Materi olehProf. Ahmad Sulaeman

Kegiatan hari ke-2 dijelaskan oleh ibu Novia Priyana.  Materi yang dijelaskan oleh ibu Novia Priyana adalah tentang langkah HACCP. Pelatihan HACCP yang akan disampaikan mencakup sebagai berikut : Analisis Bahaya; Menentukan CCP; Menetapkan Batas Kritis; Menetapkan Sistem Monitoring; Menetapkan Tindakan Koreksi; Menetapkan Prosedur Verifikasi; dan Menetapkan Dokumentasi. Pada akhir kegiatan online course hari ke-2 juga diberikan penugasan dengan kelompok peserta yang telah dibagi agar dapat mencapai tujuan kegiatan dengan lebih mendalam. Kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Setiap peserta turut berpartisipasi dalam diskusi, sesi tanya jawab dan pengerjaan tugas.

Penyampaian Materi oleh Ibu Novia Priyana

Kegiatan hari ke-3 adalah Workshop Mandiri yakni peserta ditugaskan untuk membuat HACCP sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh narasumber. Peserta pelatihan dibagi menjadi 7 kelompok dan mengerjakan tugas secara berkelompok. Kegiatan pada hari ke-3 berjalan dengan lancar dan tertib. Setiap peserta turut berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan tugas.

Kegiatan hari ke-4 adalah Presentasi, Review Dokumen dan Diskusi tugas yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok. Sebelum kegiatan ditutup, peserta melakukan posttest dan kuesioner untuk mengukur pengetahuan setelah pelatihan. Online Course Penerapan Sistem Keamanan Pangan (HACCP) pada Industri Jasaboga (Hotel, Restoran, Katering) dan Gizi (Rumah Sakit) Dengan mengikuti kegiatan Online Course Penerapan Sistem Keamanan Pangan (HACCP) pada Industri Jasaboga (Hotel, Restoran, Katering) dan Gizi (Rumah Sakit) Batch 2 diharapkan dapat secara efektif dan efesien meningkatkan kompetensi Mahasiswa Prodi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Riau dalam menjamin sistem keamanan pangan secara maksimal dan mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh dalam dunia profesinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *