WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM PROGRAM STUDI DIII GIZI 2024

POLTEKKES KEMENKES RIAU

Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau telah melaksanakan kegiatan workshop dengan tema “Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Riau Tahun 2024”. Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni dari tanggal 15-17 Juli 2024 di Aula Laboratorium terpadu Poltekkes Kemenkes Riau. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang dosen dan tenaga pendidik Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau, serta 15 orang perwakilan dari
mahasiswa, alumni, organisasi profesi (Persagi dan Pergizi Pangan), dan stakeholder pengguna lulusan dan pembimbing klinik dari rumah sakit, puskesmas, Dinas kesehatan.


Kegiatan workshop yang dibuka oleh MC, dilanjutkan kata sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, Ibu Rully Hevrialni, SST, Bdn, M.Keb menyampaikan agar penyusunan kurikulum sesuai Sentra Unggulan Perguruan Tinggi (SUP) kesehatan jantung. Kurikulum ini segera disusun untuk penerapan pada semester ganjil 2024/2025. Direktur juga berharap kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar, sehingga dihasilkannya kurikulum yang lebih mengarah pada SUP Poltekkes Kemenkes Riau.


Adapun narasumber pada kegiatan workshop ini yakni ibu Susi Tursilowati, SKM, MSc.PH yang merupakan perwakilan dari Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Gizi Indonesia (AIPVOGI). Narasumber juga merupakan Dosen Tetap Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau. Narasumber menyampaikan Materi tentang mengenai kurikulum sesuai Outcame based education (OBE), acuan kebijakan penyelenggaraan kurikulum, konsep OBE, evaluasi kurikulum OBE, Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada hari kedua, narasumber menyampaikan Sistematika Penyusunan Kurikulum dan perumusan standar pencapaian Pembelajaran Unggulan Poltekkes Kemenkes sesuai transformasi Kemenkes Riau (SUP kesehatan jantung). Pada hari ketiga kegiatan workshop diisi dengan diskusi serta masukan dari stakeholder pengguna lulusan, pembimbing praktik klinik, organisasi profesi, dan alumni untuk memperdalam kompetensi yang sesuai dengan pengguna lulusan serta menyesuaikan SUP kesehatan jantung.

Hasil kegiatan selama workshop berlasung yakni telah teridentifikasi kompetensi apa yang perlu dikuatkan kepada mahasiswa yang menyesuaikan SUP kesehatan jantung unggulan. Kegiatan workshop ini belumlah sempurna, sehingga masih dibutuhkan rencana tindak lanjut agar terbentuknya kurikulum Prodi DIII GiziPoltekkes Kemenkes Riau tahun 2024.

Sambutan Direktur dalam Pembukaan Workshop Peninjauan Kurikulum
Pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau
Berdiskusi dengan Stakeholder
Foto bersama dengan stakeholder

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *