Kompetensi Prodi DIII Gizi

KOMPETENSI ( LEARNING OUTCOME)

Capaian Pembelajaran (Learning outcome) Program Studi Diploma III Gizi

Sikap dan Tata Nilai

  • Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemampuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Kemampuan Kerja

  • Mampu melakukan asuhan gizi klinik dan dietetik untuk pemenuhan kebutuhan giziindividudan kelompok pada kondisi tidak kompleks dengan menggunakan proses asuhan gizi dan terminologi terstandar sesuai dengan yang ditugaskan.
  • Mampu melaksanakan kegiatan program gizi secara promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan pada individu maupun kelompok.
  • Mampu melakukan kegiatan penyelenggaraan makanan pada institusi untuk menyediakan makanan yang sehat dan aman guna pemenuhan kebutuhan gizi dan dietetik pada klien secara mandiri dalam kondisi normal maupun darurat yang meliputi matra darat, laut, dan udara sesuai prosedur tetap yang berlaku.
  • Mampu mengumpulkan data danmengolah data secara deskriptif pada penelitian dasar dan terapan di bidang gizi dan kesehatan.
  • Mampu berperan sebagai pengelola unit pelayanan gizi pada penyelenggaraan catering
  • Mampu menjadi unggul dan terampil dalam penyelenggaraan makanan yang mampu bersaing di tingkat nasional tahun 2029

Pengetahuan yang dikuasai

  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan penyakit terkait gizi, pangan,  komunikasi,  edukasi dan penyuluhan gizi, kesejahteraan sosial, dan humaniora untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi tidak kompleks sesuai asuhan gizi terstandar (PAGT).
  • Menguasai prinsip-prinsipi lmu gizi dan penyakit terkait gizi masyarakat,  surveilans gizi, pangan, komunikasi, kegiatan program gizi, pemasaran produk program gizi, sosial dan antropologi, dan humaniora untuk dapat melaksanakan kegiatan program gizi secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif sesuai prosedur mekanisme yang telah terstandar.
  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan dietetik, pangan, komunikasi, penyuluhan gizi, higienesanitasi, penyelenggaraan makanan banyak pada klien dan upaya wirausaha, dan humaniora, untuk dapat melaksanakan kegiatan penyelenggaraan makanan pada institusi agar dapat menyediakan makanan yang sehat dan aman guna pemenuhan kebutuhan gizi dan dietetik pada klien secara mandiri dalam kondisi normal maupun darurat yang meliputi matra darat, laut, dan udara sesuai prosedur tetap yang berlaku.
  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan penyakit terkait gizi masyarakat,  surveilans gizi, pangan,  komunikasi, kegiatan program gizi, pemasaran produk program gizi, sosial dan antropologi, dan humaniora untuk dapat melaksanakan pengumpulan data dan pengolahan data secara deskriptif dalam membantu pelaksanaan penelitian dasar dan terapan di bidang gizi dan kesehatan.
  • Menguasai prinsip-prinsipi lmu gizi dan dietetik, pangan, komunikasi, penyuluhan gizi, hygiene sanitasi, manajemen catering dalam upaya menjadi wirausaha unggul terampil dalam penyelenggaraan makanan yang mampu bersaing di tingkat nasional tahun 2029

Kemampuan Manajerial

  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan asuhan gizi di bawah bimbingan dengan menggunakan proses asuhan gizi terstandar dengan terminologi/ istilah yang baku.
  • Bertanggungjawab atas hasil kerja sendiri dan kelompok dalam asuhan gizi serta memiliki sikap empati pada klien.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan penyelenggaraan makanan pada institusi.
  • Bertanggungjawab atas hasil kerja sendiri dan kelompok di bidang penyelenggaraan makanan pada institusi sertam emiliki sikap empati pada klien.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan penyuluhan dan konseling gizi secara mandiri.
  • Bertanggungjawab atas pelaksanaan penyuluhan dan konseling gizi serta memiliki sikap empati pada kelompok sasaran dan klien.
  • Mampu bekerja dalam tim pemasaran produk gizi dan mampu menyusun laporan pemasaran dengan lengkap secara mandiri.
  • Bertanggungjawab atas pelaksanaan pemasaran gizi secara individu maupun kelompok.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan lengkap tentang penilaian mutu, kandungan energi dan zat gizi makanan dan minuman secara mandiri.
  • Bertanggungjawab atas penilaianmutu, kandungan energi, zatgizi, dan keamanan makanan dan minuman.
  • Mampu bekerja dan berkomunikasi secara efektif dalam tim peneliti serta mampu menyusun laporan penelitian.
  • Bertanggungjawab atas pelaksanaan penelitian yang menjadi tugasnya.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan penyelenggaraan  makanan dengan menggunakan asuhan gizi terstandar sesuai dengan yang ditugaskan
  • Bertanggung jawab atas hasil kerja sendiri dan kelompok dalam penyelenggaraan makanan dan asuhan gizi serta memiliki sikap menghargai dan empati pada klien