WORKSHOP PEMBIMBING PRAKTIK KLINIK DAN LAPANGAN D III GIZI

Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau telah melaksanakan kegiatan workshop secara virtual via zoom meeting dengan tema “Workshop Pembimbing Praktik Klinik dan Lapangan D III Gizi”. Worshop ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni dari tanggal 22-24 Februari 2021.

Kegiatan Workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kemampuan dosen Jurusan Gizi serta CI dalam memberikan bimbingan bagi mahasiswa Gizi selama praktek klinik/ lapangan.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau yakni Bapak Husnan S.Kp, MKM. Bapak direktur berharap kegiatan workshop berjalan dengan lancar selama tiga hari, serta dengan workshop ini dapat meningkatkan kemampuan dosen dan CI dalam membimbing Praktik klinik yang nantinya akan menghasilkan lulusan D III gizi yang Kompeten.

Bapak Husnan S.Kp, MKM saat pembukaan Workshop
Ibu Fitri, SP, MKM saat menyampaikan kata sambutan dari ketua pelaksana

Ketua Jurusan Gizi yakni ibu Fitri, SP, MKM selaku ketua Panitia Workshop, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kegiatan Workshop ini diikuti oleh ±70 orang peserta yang terdiri dari dosen Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau dan CI (Clinical Instructur) dari lahan PKL yakni Rumah Sakit dan puskesmas, dan berharap workshop ini berjalan baik dan menambah kemampuan dosen dan CI dalam membimbing PKL”

Adapun Narasumber yang diundang untuk memberikan materi selama tiga hari kegiatan workshop ini adalah narasumber yang sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya, yakni :  Joko Susilo, SKM, M.Kes yang merupakan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, `Dr. Slamet Iskandar SKM, M.Kes yang merupakan Koordinator Penelitian Pusat PPM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta , Fitri Hudayani, SST, S.Gz, MKM yang merupakan Kepala Sub Instalasi Pelayanan Gizi RSCM, RD, Rina Oktasari, S.SiT, M.Gizi dan Latsmi Wayansari, S.Gz, MPH yang merupakan Dosen D III Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Ibu Fitri Hudayani, SST, S.Gz, MKM dalam penyampaian materi
Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes dalam menyampaikan materinya

Selama kegiatan workshop, setiap hari dimulai dengan pretest untuk menilai kemampuan dosen dan CI sebelum pemaparan materi dari narasumber, dan pada akhir kegiatan setiap harinya ada evaluasi berupa postest.

Latsmi Wayansari, S.Gz, MPH saat memaparkan materi

Materi dalam kegiatan workshop ini terdiri dari pemberian materi dan praktik kasus terkait bimbingan praktik untuk mata kuliah Program Intervensi Gizi Masyarakat, Asuhan Gizi Klinik dan Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi.

Dokumentasi kegiatan

Kegiatan worshop ini berjalan antusias dan lancar. Setiap peserta baik dari dosen maupun CI turut berpartisipasi dalam diskusi, sesi tanya jawab dan pengerjaan kasus. Dengan terlaksananya kegiatan workshop “Workshop Pembimbing Praktik Klinik dan Lapangan D III Gizi” harapannya dosen dan CI dapat membimbing praktik klinik dan lapangan baik di klinik, institusi maupun masyarakat secara efektif, efesien dan terstandar sehingga kompetensi dari mahasiswa D III Gizi yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal, serta setelah lulus dapat terjun lansung dalam dunia kerja untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh selama perkuliahan. **YA**

Link materi workshop bisa di download disini

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *