‘TETAP KREATIF DI MASA PANDEMI’ Kuliah Umum (1) dalam Webinar Series 3# Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau

Pekanbaru – Politeknik Kesehatan Kemenkes Riau Prodi DIII Gizi menyelanggarakan Webinar Kuliah Umum secara virtual pada tanggal 14 Oktober 2020 yang dihadari oleh Ketua jurusan gizi, Dosen, Staff, dan seluruh Mahasiswa Prodi DIII Gizi serta peserta umum.
Tema kuliah umum kali ini yaitu “Tetap Kreatif Di Masa Pandemi” dengan para narasumber yaitu Ibu Fitri SP, M.KM, Bapak Oky Setiarso, S.KM, M.KM dan Bapak Mulyono Martoadmodjo, AAIFST Dipl, M.Sc.
Kuliah umum yang dibuka oleh MC dengan dilanjutkan kata sambutan oleh Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, yaitu oleh bapak Husnan, S.Kp, M.KM.
Narasumber pertama yaitu Ibu Fitri Dosen sekaligus Ketua Jurusan Gizi. Materi yang beliau sampaikan mengenai Mahasiswa Gizi sebagai Calon Tenaga Kesehatan Yang Unggul dan Terampil. Jurusan gizi selalu memberikan motivasi dalam penyelenggaraan makanan yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Riau. Beliau memberikan apa saja hal yang bisa dilakukan mahasiswa di saat pandemi sekarang ini. Kemudian beliau memberikan beberapa tips untuk menjadi mahasiswa yang kreatif, dan memberikan beberapa tips untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman. Setelah dilakukannya pembelajaran daring selama setengah semester ini hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa yaitu masalah jaringan, karena koneksi internet di tiap daerah berbeda – beda. Walaupun pembelajaran dilakukan secara daring atau virtual diharapkan capaian Visi dan Misi jurusan gizi akan tetap dicapai.
Penyampaian materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Oky dengan materi yang beliau
sampaikan tentang Memunculkan Ide Kreatif Untuk Mahasiswa Gizi. Walaupun di masa pandemi saat ini, kita semua dapat berkreativitas tanpa batas. Beliau merupakan seorang Sociapreneurship yang mendirikan Kelas Belajar Oky. Program dari kelas belajar oky sendiri yaitu memberikan edukasi kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan ketahanan hidup. Kelas oky ini terbagi atas beberapa kelas yaitu kelas anak, kelas remaja, kelas ibu, dan kelas pemberdayaan Ibu Kader. Selama pandemi ini banyak hal yang sudah dilakukan beliau salah satunya yaitu membuat makanan bergizi untuk masyarakat marjinal bersama relawan kelas belajar oky. Karena materi yang disampaikan oleh beliau begitu menarik membuat mahasiswa termotivasi untuk mengikuti langkah beliau, hal ini terlihat dari adanya feed back (umpan balik) oleh mahasiswa. Pertanyaan pertama disampaikan oleh Annisa Dian yang ingin mengetahui bagaimana memulai menjadi seorang sociapreneurship yang mendirikan kelas belajar oky, menyusul pertanyaan kedua disampaikan oleh Inneke Sitompul yang ingin mengetahui apakah menjadi relawan harus memiliki STR.
Penyampaian materi selanjutnya oleh Bapak Mulyono dimana beliau memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi seorang yang sukses. Beliau memberikan beberapa titik pangkal untuk menjadi seorang yang sukses yaitu pertama memiliki komitmen yang besar, kedua komplit komitmen, ketiga konsisten, keempat terus menerus belajar. Menjadi mahasiswa yang sukses harus berani dalam mengambil keputusan dimana selalu berkomitmen, berikhtiar, dan selalu belajar. Belajar dari kesalahan adalah hal yang penting, karena dari kesalahan kita bisa memperbaiki untuk kedepannya. Mahasiswa juga selalu melihat dimana ada peluang yang besar, dan selalu menjadi proaktif. Beliau sendiri sudah berkecimpung di dunia industri pangan selama kurang lebih 40 tahun. Dan beliau mendirikan sebuah pabrik yang beliau dirikan sendiri dengan nama PT. Compro Divaboga. Akhir kata dari beliau untuk para mahasiswa yaitu selalu berkomitmen dalam mengambil keputusan yang tepat. Karena di dunia saat ini saingan di dunia kerja dan industri sangat ketat. Dengan ini kita harus memiliki komitmen dengan passion yang kita miliki.
Akhir kata ibu Esthy Rahman Asih sebagai moderator menyampaikan kesimpulan dari kuliah umum pada hari ini : Bahwa untuk menjadi seorang yang suxes harus berani mengambil keputusan tapi harus memperhatikan hal-hal berikut ini 1. komitmen 2. konsisten 3. tetap semangat untuk menambah pengetahuan baik formal maupun non formal.
Kuliah umum diakhiri dengan foto bersama dengan para narasumber dan moderator.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *