Presentasi PKL SPMI, Mahasiswa Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau Memaparkan Laporan PKL SPMI

Telah terlaksana Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mata Kuliah Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi (SPMI) yang dimulai pada tanggal 14 Februari s/d 9 Maret 2022. PKL SPMI ini diikuti oleh 76 orang mahasiswa Tingkat III dari Program Studi Diploma III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau yang tersebar di 11 Rumah Sakit yang ada di Riau dan Sumatera Barat.

Adapun tempat pelaksanaan PKL ini yakni di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, RSUD Bangkinang, RSUD Teluk Kuantan, RSUD Tengku Rafi’an Siak, RSUD Bengkalis, RSUD Kota Dumai, RSUD Selasih Pelalawan, RS Otak DR.DRS. M.Hatta Bukittinggi, RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh, RSUD Kota Padang Panjang, RSUD Prof. DR. M.A. Hanafiah SM Batusangkar

Praktik kerja lapangan Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi (SPMI) yaitu mencakup semua kegiatan dalam melaksanakan sistem penyelenggaraan makanan institusi di Rumah sakit yakni mulai dari perencanaan,  pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Praktik kerja lapangan SPMI dilakukan untuk mendukung tercapainya profil lulusan sebagai Pelaksana Pelayanan Gizi Institusi.

Setelah melaksanakan kegiatan praktik ini, mahasiswa mampu menyusun laporan dan memaparkan apa kegiatan yang telah dilaksanakan selama PKL sistem penyelenggaraan makanan di RS. Kegiatan pemaparan laporan PKL ini dihadiri oleh dosen pembimbing, CI (Clinical Instructor), perwakilan pihak rumah sakit (bagian Diklat atau manajemen terkait) serta mahasiswa yang melaksanakan PKL.

Dalam presentasinya, mahasiswa menjelaskan tentang laporan Kegiatan SPMI RS, laporan HACCP, Laporan Modifikasi Menu, laporan uji sisa makanan dan survey kepuasan pasien serta kegiatan selama pelaksanaan PKL SPMI. Setelah presentasi, dosenpemimbing dan CI akan menyampaikan beberapa pertanyaan terkait pelaksanaan PKL serta saran perbaikan laporan PKL SPMI.

Semoga setelah melaksanakan kegiatan praktik ini, mahasiswa mampu menerapkan sistem penyelenggaraan makanan di RS dan berbagai institusi lain selain RS, seperti Industri Penyelenggaraan makanan.

Presentasi PKL SPMI di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh
Presentasi PKL SPMI di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru
Presentasi PKL SPMI di RSUD Bangkinang
Dokumentasi saat Presentasi PKL SPMI di RSUD Prof. DR. M.A. Hanafiah SM Batusangkar
Dokumentasi saat Presentasi PKL SPMI di RSUD Bengkalis
Dokumentasi saat Presentasi PKL SPMI di RSUD Dumai
Dokumentasi saat Presentasi PKL SPMI di RSUD Padang Panjang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *